| 3 komentar ]

Sepertinya semua orang setuju bahwa Mozilla merupakan browser yang paling banyak dipilih oleh para blogger untuk surfing di internet. Menurut saya browser ini termasuk moderat, artinya punya keunggulan di berbagai hal, meski bukan yang terbaik di tiap poinnya.

Salah satu keunggulan browser Mozilla adalah sifatnya yang costumable, dapat diutak-atik sesuai keinginan masing-masing pemakainya, baik dari segi tampilan, kecepatan, keamanan, dan yang lainnya.

Hal ini dimungkinkan dengan ramainya dukungan add on yang diciptakan oleh berbagai pihak. Mulai dari pengembangnya sendiri, hingga organisasi serta individu yang concern dalam hal ini.

Nah, dari begitu banyaknya add on yang tersedia di situs resmi Mozilla, menurut saya ada beberapa add on yang sangat esensial untuk digunakan oleh para blogger. Hal ini terkait dengan fungsinya masing-masing yang akan sangat membantu para blogger untuk menjalankan tugasnya. Beberapa add on tersebut di antaranya:

1. AI Roboform
Add on ini berguna untuk menyimpan password akun anda di berbagai situs. Setiap anda mengisi form untuk login atau sign in, maka add on AI Roboform secara otomatis akan menawarkan untuk menyimpannya. Sehingga lain kali anda tinggal mengeklik nama akun anda di toolbar Mozilla, tiap kali login atau sign in ke situs yang sama.

Selain itu add on ini juga memiliki kemampuan untuk menyimpan form pendaftaran akun di berbagai situs, sehingga lain kali saat anda hendak sign up di lain situs, anda akan lebih cepat dalam mengisinya.

Aplikasi ini juga tersedia untuk removable drive seperti flash disk. Sehingga buat blogger yang rajin gonta-ganti komputer, laptop, atau warnet, atau yang laptopnya meninggal seperti saya. Hal ini masih bisa disiasati.

2. Search Status
Ini merupakan salah satu add on favorit saya. Aplikasi ini akan menunjukkan secara langsung pagerank dan Alexa rank situs atau blog yang tengah anda kunjungi. Selain itu, add on Search Status ini bisa memerlihatkan link Nofollow, keyword density, meta tag dan lain sebagainya. Pendek kata, pokoknya aplikasi ini oke deh!

3. Shareaholic
Nah, add on yang ini mantap buat yang gandrung jalan-jalan di berbagai situs social media. Daripada kita memenuhi toolbar Mozilla dengan berbagai add on dari tiap situs social media seperti Stumble Upon atau Digg, lebih baik kita menyemat sebuah add on mini di sebelah kolom navigasi yang bisa menjangkau banyak situs social media sekaligus.

Terhitung ada 39 situs social media yang terdaftar di list aplikasi ini. Tapi jika anda hanya ingin menampilkan beberapa, cukup diatur saja di opsi "Manage Your Services".

Dengan add on Shareaholic ini anda tinggal mengeklik satu tombol yang sama untuk melakukan Stumble, Digg, atau bookmark di berbagai tempat.

Masih ada beberapa opsi lainnya yang sebenarnya menarik untuk dipakai. Untuk menyebut beberapa, ada Adblock Plus untuk mengeblok iklan-iklan banner, Orbit Downloader yang sangat asyik untuk men-download, GSpace untuk memakai akun Gmail anda sebagai media penyimpanan, Tweak Network untuk mempercepat akselerasi Mozilla, serta Firebug dan CollorZilla untuk para web developer.

Silahkan coba saja satu persatu untuk mencari tahu kira-kira add on mana saja yang cocok untuk anda, untuk membuat kegiatan blogging tambah asyik.


--Terima kasih untuk mengeklik tombol "Share/Save" di bawah, dan memasukkan artikel ini ke situs yang anda suka.--


Share/Save/Bookmark

3 komentar

nyegik mengatakan... @ 19 Juli 2009 pukul 11.32

wow ternyata mozilla add onnya sangat komplit buanget ya kang...seeeep..aku mau nyoba nyari soalnya selama ini aku pake safari baru nyoba

Netbook Advan Vanbook A1N70T Alnect Komputer mengatakan... @ 20 Juli 2009 pukul 00.33

saya setuju dengan nyengik klo firefox emang wokkke

Blogger Ciputat mengatakan... @ 20 Juli 2009 pukul 09.56

@Nyengik: Kira-kira begitulah. Tapi Safari enak juga ko untuk cepetnya.

@Netbook: Setuju Juga

Posting Komentar