| 0 komentar ]

SERP merupakan singkatan dari Search Engine Result Page. Istilah ini kira-kira untuk menggambarkan kemahiran seorang blogger dalam hal search engine optimization (SEO). Artinya, jika seorang blogger mampu menempatkan blognya di SERP, maka ia mesti kita tuduh sebagai SEO master.

Jika kita mengetikkan keyword di search engine, kita akan mendapatkan begitu banyak hasil yang berkaitan dengan keyword tersebut. Namun tentu saja tidak semuanya akan ditampilkan sekaligus. Hasilnya akan dibagi-bagi menjadi beberapa halaman, dan secara default tiap halaman akan menampilkan 10 hasil pencarian. Nah, halaman pertama di hasil pencarian inilah yang disebut sebagai SERP.

Namun begitu, tidak semua hasil pencarian dapat kita kategorikan dalam istilah SERP ini. Sebab bisa saja blog kita ada di halaman pertama hasil pencarian menurut keyword tertentu, karena memang yang mencari dan menyediakan bahannya pun sedikit. Karenanya kategorisasi SERP ini hanya berlaku untuk keyword-keyword yang populer, terutama yang memiliki banyak pesaing.

Secara teknis, setiap blogger mesti memraktikkan segala macam aspek dari teknik SEO sebaik mungkin. Namun secara pribadi saya meragukan jika blog-blog yang menduduki SERP untuk keyword yang populer hanya memraktikkan teknik SEO sebagaimana dilakukan oleh blogger-blogger "kecil" lainnya.

Seperti kita tahu, banyak sekali layanan SEO berbayar yang menjamin peringkat blog yang menyewa layanannya. Menurut saya, para pasien layanan semacam inilah yang tetap akan menjadi jawara. Toh, itu sesuai dengan modal yang harus mereka keluarkan. Jadi, untuk blogger-blogger yang hanya mengandalkan blogwalking dan link exchange, kemungkinannya masuk SERP akan kecil sekali.

Namun bukan berarti dengan begitu kegiatan blogging tanpa modal menjadi percuma. Untuk itulah ada hal-hal seperti blogwalking, peristiwa yang sensasional, serta hal-hal kontroversial, untuk memberi kesempatan bagi blogger-blogger "kecil" nampang di halaman awal hasil pencarian untuk keyword yang populer :] .


--Terima kasih untuk mengeklik tombol "Share/Save" di bawah, dan memasukkan artikel ini ke situs yang anda suka.--


Share/Save/Bookmark

0 komentar

Posting Komentar