| 0 komentar ]

Salah satu keunggulan Google Adsense dari situs program broker periklanan lainnya adalah opsi produknya yang cukup kompleks, sehingga kita bisa memanfaatkan berbagai celah sebagai peluang blog monetizing. Hingga saat ini produk-produk yang eksis dalam program Google Adsense ada empat macam, yakni:

1. Adsense for content
Jenis inilah yang biasanya bisa kita lihat kemunculannya di berbagai webpage, dengan berbagai bentuk dan ukuran. Produk ini terbagi menjadi dua macam, yakni iklan teks dan iklan link. Untuk iklan teks, ia juga bisa muncul sebagai gambar, sesuai dengan pengaturan kita ketika membuatnya. Iklan-iklan yang muncul dalam jenis ini akan menyesuaikan diri dengan keyword, meta tag, dan topik webpage tempat ia terpasang.

Iklan dalam jenis Adsense for content ini juga tersedia dalam bentuk video. Ini dikhususkan bagi blog-blog yang bergerak dalam bidang podcasting.

2. Adsense for search
Sebagaimana kita tahu, awal kedigjayaan Google di dunia cyber adalah dengan mendominasi pangsa pasar penggunaan search engine. Dengan begitu tentu saja mereka ingin memastikan bahwa keadaan akan terus begitu. Salah satu caranya adalah dengan menyediakan produk ini dalam program Google Adsense.

Iklan jenis ini akan muncul sebagai search form yang bisa diatur ukurannya, dan bisa digunakan oleh para pengunjung blog kita. Hasil pencarian yang akan muncul bisa kita kostumisasi dengan berbagai pilihan. Ia bisa diatur untuk muncul di halaman baru, atau nampak di sekitar tempatnya semula. Atau bisa juga diatur apakah hasil pencariannya hanya yang ada di blog kita, atau di seluruh jagat cyber.

3. Adsense for feed
Inilah jawaban mengapa Google bersikeras untuk mengakuisisi FeedBurner sebagai jasa pengantar RSS feed terbesar di internet. Dengan begitu perusahaan terbesar di internet ini bisa juga memasang iklannya di posting yang dikirim ke pembaca yang mengakses update blog melalui sistem berlangganan lewat email.

4. Adsense for domain
Setahu saya ini merupakan produk paling bontot yang digagas oleh program Google Adsense. Produk ini juga memerlihatkan betapa ambisiusnya Google untuk menjadi rezim status quo di dunia cyber.

Dengan produk ini para publisher yang berpartisipasi dalam program Google Adsense bisa mem-parking domain yang dimilikinya ke webpage MFA (Made for Adsense) yang dibuat sendiri oleh Google.

Selain produk-produk di atas itu, sebenarnya Google Adsense pernah meluncurkan produk Adsense for referal. Namun saat ini produk tersebut sudah ditutup.

Bagi kawan-kawan belum pernah berpartisipasi dalam program Google Adsense dan kebetulan tertarik untuk ikut, saya memberi masukkan agar anda lebih dahulu mendaftar di Google Adsense dengan sebuah blog berbahasa Inggris.

Berdasarkan pengalaman seorang teman saya, ia pernah mendaftar di program Google Adsense dengan blog berbahasa Indonesia. Permohonannya memang diterima, namun produk iklan yang muncul hanya berjenis Adsense for search saja. Sayang jugakan kalau hal ini dialami kawan-kawan blogger yang lain.


--Terima kasih untuk mengeklik tombol "Share/Save" di bawah, dan memasukkan artikel ini ke situs yang anda suka.--


Share/Save/Bookmark

0 komentar

Posting Komentar