| 2 komentar ]

Search engine optimization (SEO) merupakan salah satu bahasan paling menarik dalam dunia blogging. Meskipun begitu, bahasan ini juga terhitung yang paling rumit, karena untuk pengaplikasiannya membutuhkan penguasaan keterampilan di berbagai macam bidang.

Namun begitu, sebetulnya ada langkah-langkah dasar penerapan search engine optimization (SEO) yang mudah dan praktis, serta ramah bagi pemula. Langkah-langkah tersebut di antaranya adalah:

1. Pilihan url
Url, atau alamat blog, merupakan salah satu referensi penting bagi search engine untuk menglasifikasi blog kita. Pilihlah url yang mengandung keyword dari bahasan dalam blog kita.

2. Pilihan nama blog
Sebagaimana url, nama blog juga idealnya mengandung keyword yang sangat menggambarkan topik pembicaraan dalam blog kita. Karenanya pilihlah nama blog dengan cermat.

3. Pilihan judul posting
Buatlah judul yang lugas dan menggambarkan isi posting dengan tepat. Untuk itu judul harus memuat keyword yang kita pakai dalam tulisan.

4. Sebaran keyword yang proporsional
Search engine menyukai sebaran keyword yang merata di tubuh posting. Karena itu, gunakan keyword seperlunya. Idealnya dalam tiap paragraf terdapat dua-tiga keyword. Mengulang-ulang keyword terlalu sering hanya akan membuat anda dianggap SPAM oleh search engine.

5. Pemakaian gambar
Pemakaian gambar tidak hanya akan memperindah tampilan tulisan, tapi juga bisa jadi jurus pengundang bagi search engine. Sebelum di-upload namailah file gambar tersebut dengan kata kunci yang anda pakai.

6. Bertukar link
Link merupakan unsur terpenting bagi search engine untuk memberikan peringkat bagi blog anda. Karena itu rajin-rajinlah mengunjungi blog lainnya untuk berkomentar, lalu jika terjalin komunikasi yang intens, tawarkanlah pertukaran link.

7. Submit ke search engine
Jika blog anda sudah memiliki 2-3 posting, submit-lah ke search engine, terutama tiga search engine teratas, Google (http://www.google.com/addurl/), Yahoo (http://search.yahoo.com/info/submit.html), serta Bing (http://www.bing.com/docs/submit.aspx).




*Terima kasih untuk mengeklik tombol "Share/Save" di bawah, dan memasukkan artikel ini ke situs yang anda suka.


Share/Save/Bookmark

2 komentar

Unknown mengatakan... @ 20 Juni 2009 pukul 19.03

makasih. tapi masih bingung ne

Admin mengatakan... @ 22 Juni 2009 pukul 03.01

Bingung apanya nih?

Posting Komentar