| 4 komentar ]

Apa yang mesti dilakukan untuk sebuah blog baru yang telah berisi dua sampai tiga posting? Semua orang boleh punya jawaban yang berbeda, tapi saya akan memaksa untuk segera men-submit blog tersebut ke search engine.

Dengan melakukan langkah ini seolah-olah anda tengah mencolek-colek para robot search engine untuk memberi tahu bahwa anda memiliki blog baru, dan berharap mereka melihatnya. Melalui cara ini robot search engine akan mengindeks blog anda dalam waktu paling lambat dua minggu. Cukup lama, memang. Tapi kita harus maklum, karena ini cara gratisan. Tenggat waktu yang cukup lama inilah yang seringkali membuat para blogger mengabaikan langkah ini.

Namun, maaf, saya tidak setuju dengan sikap ini, kecuali anda punya cukup banyak uang guna membayar blog ber-pagerank tinggi untuk mengelink blog baru tersebut. Tanpa langkah ini maka bisa jadi robot search engine baru akan singgah di blog anda dalam hitungan bulan.

Karenanya, mengingat layanan ini tanpa biaya, maka waktu dua minggu rasanya cukup fair bagi kita. Tak ada salahnyakan menghabiskan waktu barang 10 menit untuk mengunjungi tiga mesin pencari terbesar di jagat cyber, yakni Google (http://www.google.com/addurl/), Yahoo (http://search.yahoo.com/info/submit.html), serta Bing (http://www.bing.com/docs/submit.aspx).

Jika ketiganya telah mengindeks blog anda, insya Allah search engine yang lain juga melakukan hal yang sama.



*Terima kasih untuk mengeklik tombol "Share/Save" di bawah, dan memasukkan artikel ini ke situs yang anda suka.


Share/Save/Bookmark

4 komentar

Dana K mengatakan... @ 25 Juni 2009 pukul 07.43

cara submitnya gimana guru?

Blogger Ciputat mengatakan... @ 25 Juni 2009 pukul 10.53

Kunjungi aja alamat-alamat yang sudah ditulis di atas, lalu masukkan alamat (url) blog, lalu masukkan verifikasi kata pencegah spam, lalu tekan submit deh. Selesai!

Anonim mengatakan... @ 29 Juni 2009 pukul 21.39

Kemaren saya lewat situs ini guru..
http://pingomatic.com/

Blogger Ciputat mengatakan... @ 30 Juni 2009 pukul 07.50

Ok, kalau itu termasuk layanan ping. Fungsinya untuk memberi sinyal kepada mesin pencari untuk meng-crawl blog kita. Selain Pingomatic, ada juga Pingoata, Blogdigger, Feedburner, dan lainnya.

Posting Komentar