| 0 komentar ]

Selama ini secara umum kita memahami bahwa nilai pagerank (selanjutnya PR) untuk sebuah blog didapat dari banyaknya blog yang memasang backlink (populer “link” saja) ke arah blog tersebut. Semakin banyak blog yang menge-link akan semakin tinggi nilai PR blog tersebut. Namun jika hanya begitu syaratnya, kenapa saya tidak membuat ratusan blog saja yang saling menge-link, agar blog ini tidak nol terus PR-nya! Ternyata memang ada hal lain yang menjadi ukuran Google, di antaranya akan disebutkan di bawah:

Variabel-variabel Penilaian
Ada beberapa variabel yang dipakai Google dalam menilai PR, untuk meminimalisasi upaya rekayasa pagerank. Cara-cara tersebut di antaranya (Brad Callen, 2008):

1. Berapa banyak situs yang menge-link blog anda
Untuk mengetahui hal ini anda masukkan saja kata “link:“, ditambah url yang ingin anda ketahui pada kolom pencarian Google. Contoh: link:http://kacajendela.wordpress.com (kadang hal ini tidak bekerja secara real time).

2. Berapa nilai PR blog yang menge-link blog anda
Semakin besar PR blog-blog yang menge-link ke blog anda, semakin terkerek pula PR blog anda.

3. Topik blog yang menge-link blog anda
Google akan lebih menghargai backlink dari blog yang topik pembicaraannya sama. Di sinilah titik pentingnya membangun komunikasi dan komunitas di antara blog-blog yang satu topik.

4. Anchor text yang digunakan blog lain bagi anda
Anchor text
adalah nama yang ditulis sebuah blog dalam tanda link­-nya kepada anda. Misalnya anda menulis “Blogger Ciputat” untuk menamai link blog ini di blog anda. Semakin mirip nama yang diberikan blog-blog lain, serta semakin relevan anchor text tersebut dengan topik blog terkait, akan semakin baik jadinya.

Para ahli SEO sepakat bahwa faktor ini bisa dianggap salah satu yang terpenting.

5. Jumlah link outbond dari situs yang menge-link kepada blog anda
Tidak setiap link ditaruh di halaman utama. Bahkan ada blog yang membuat halaman khusus daftar link. Contoh, jika ada blog dengan url: http://kacajendela.wordpress.com yang menge-link kepada anda, namun meletakkan link anda di halaman lain, misalnya http://kacajendela.wordpress.com/daftar-link.php, maka anda harus menghitung link yang mengarah ke halaman tersebut, bukan halaman utamanya. Inilah yang dimaksud dengan outbond link, link yang mengarah ke halaman yang menge-link anda.


--Terima kasih untuk mengeklik tombol "Share/Save" di bawah, dan memasukkan artikel ini ke situs yang anda suka.--


Share/Save/Bookmark

0 komentar

Posting Komentar