| 10 komentar ]

Hingga kini Google masih merupakan perusahaan terbesar yang berkonsentrasi di wilayah internet. Perusahaan ini memulai bisnisnya dari alat sederhana yang mampu memberikan bantuan luar biasa bagi setiap pengguna internet; search engine.

Google kemudian melebarkan sayapnya dengan mengeluarkan banyak produk yang memberikan ruang-ruang tersendiri bagi para peselancar dunia cyber untuk mempersonalisasi dunia maya sesuai kebutuhannya. Salah satu produk Google yang paling disukai oleh para blogger adalah Google Adsense dan Google Adword.

Google Adsense merupakan program periklanan milik Google yang terutama melibatkan partisipasi para blogger serta para pemilik website. Dengan program ini setiap orang yang memiliki webpage berkesempatan untuk mendapatkan penghasilan dengan memasang sejumlah iklan yang merefleksikan topik pembicaraan webpage-nya.

Setiap orang yang berpartisipasi dalam program ini disebut sebagai publisher. Mereka yang memiliki akun Google Adsense dapat meletakkan iklannya di webpage mana saja, meski bukan miliknya, asal sesuai dengan ketentuan yang digariskan oleh penyelenggara program.

Hingga saat ini program Google Adsense masih menjadi lahan menggali uang yang paling diminati di dunia cyber, meski telah muncul para pesaingnya seperti YPN (Yahoo Publisher Network), Adbrite, Chitika dan lainnya.

Sementara Google Adword merupakan kebalikan dari program Google Adsense, yakni mengundang partisipasi para pengiklan untuk mempublikasikan produknya di berbagai tempat yang termasuk ke dalam jaringan Google.

Ruang-ruang yang mungkin menjadi tempat publikasi iklan dalam Google Adword sangat luas. Mulai dari tampilan email dari Google (Gmail), blog, website, hasil pencarian (SERP), RSS, video dan masih banyak lainnya.

Sebagaimana Google Adense, Google Adword juga dinilai masih merupakan tempat beriklan yang paling marak dan efektif di dunia cyber. Dua program ini menurut saya merupakan trik brilian Google yang membuat setiap orang enggan berpaling darinya.

Sistem perhitungan yang dipakai oleh kedua program ini adalah Pay Per CLick (PPC) yakni setiap klik pada iklan akan dihargai dengan jumlah tertentu. Perhitungan ini juga disesuaikan dengan besarnya traffic yang diterima oleh blog.


--Terima kasih untuk mengeklik tombol "Share/Save" di bawah, dan memasukkan artikel ini ke situs yang anda suka.--


Share/Save/Bookmark

10 komentar

aviezab mengatakan... @ 1 Juli 2009 pukul 17.51

di copy dulu, trus bacanya ntar. karena masih banyak sahabat web yg harus di silaturahimi. thanks buat infonya .. :D

Blogger Ciputat mengatakan... @ 2 Juli 2009 pukul 06.21

Sip, Bos. Jangan lupa silaturahmi lagi ke sini.

faz mengatakan... @ 2 Juli 2009 pukul 06.54

numpang entar deh belajarnya

Blogger Ciputat mengatakan... @ 2 Juli 2009 pukul 07.17

Numpang! Enak aja! Bayar Coy. Hehehehe

an4k`SinGKonG mengatakan... @ 2 Juli 2009 pukul 09.28

ekekeke... smapai sekarang masih bingung mau ikutan google adsense ga bisa bahasa inggris nie...
salam kenal bang di tunggu koment baliknya yah...
makasih sebelumnya

Admin mengatakan... @ 2 Juli 2009 pukul 10.29

Kan bisa pake sistem blogging for dumies, Bang Singkong. Hehehehe

akhatam mengatakan... @ 3 Juli 2009 pukul 01.14

Nice Info Sob!!!

Admin mengatakan... @ 4 Juli 2009 pukul 10.34

Makasih, Fren.

admin mengatakan... @ 4 Juli 2009 pukul 18.36

atas segala perhatian dan komentar terbaik anda maka, dengan ini kami memberikan awward kepada anda, silahkan di ambil ya..terimakasih..salm hngat slu

Admin mengatakan... @ 5 Juli 2009 pukul 09.04

Terima kasi Mas Wiyono

Posting Komentar