| 0 komentar ]


Salah satu tolok ukur popularitas sebuah blog adalah jumlah pengomentar di artikel blog tersebut. Hal ini berlaku terutama bagi blogger pengguna layanan Wordpress.com yang tidak support terhadap javascript, sehingga tidak bisa memasang fasilitas shoutbox di blognya. Dengan sifat begini, anda bisa berharap setiap komentar di bawah posting paling tidak lebih serius daripada komentar yang tertinggal di shoutbox, yang biasanya hanya berbunyi; “blogwalking“, “kunjungan rutin”, dan seterusnya yang jarang kita temui di blog Wordpress. Toh anda menulis di blog dengan harapan ada yang membaca dan mengapresiasi.

Untuk membuat orang lain senang berkomentar di blog kita maka kita harus mau berkomentar kepada orang lain terlebih dulu. Maaf, terutama bagi blogger baru, siapa yang tahu anda ada di blogosfer (dunia blog) jika tidak pernah terlihat jejaknya. Karenanya, untuk memudahkan penelusuran jejak anda, usahakanlah untuk mengisi url anda di setiap form komentar. Jika anda sudah rajin keliling dan berkomentar ke sana ke mari, maka anda bisa berharap orang lain akan berlaku sama. Cukup adil, kan?

Satu hal yang jarang dibahas orang, fungsi komentar selain sebagai jejak, juga bisa membantu blog anda untuk lebih cepat terindeks oleh search engine, meski tidak terlampau signifikan. Saya mengetahui hal ini ketika iseng memasukkan nama saya di mesin pencari sekitar dua minggu setelah memulai blogging. Ternyata hasil tertinggi yang betul-betul menunjuk ke nama saya berasal dari komentar yang saya tinggalkan di blog Fatih Syuhud yang sudah cukup terkenal di rimba blogosfer, dan memiliki pagerank tinggi.

Karenanya jika anda seorang blogger baru, usahakanlah untuk meninggalkan komentar di blog-blog yang ramai pengunjung dan memiliki pagerank tinggi. Selain meninggalkan jejak di depan mata pemilik blog dan banyak pengunjung lain, mesin pencari juga senang mengindeks blog-blog semacam ini. Dan jika kita meninggalkan jejak berupa link menuju blog kita, maka posisi kita akan sedikit terangkat di mata mesin pencari.

Selain itu jangan segan-segan untuk membalas setiap komentar yang masuk dengan berkomentar balik di blog yang bersangkutan. Karena itu tak ada susahnya untuk membaca blog orang lain barang sepuluh menit untuk kemudian berkomentar, kan?


--Terima kasih untuk mengeklik tombol "Share/Save" di bawah, dan memasukkan artikel ini ke situs yang anda suka.--


Share/Save/Bookmark

0 komentar

Posting Komentar