| 2 komentar ]

Jika di artikel sebelumnya kita membahas soal pentingnya berkomentar di blog orang lain maka sekarang anda harus memersiapkan diri untuk menerima kedatangan tamu, yakni orang-orang yang membaca dan berkomentar di blog anda. Itu dengan asumsi anda sudah melakukan hal-hal yang dianjurkan pada artikel sebelumnya (Hal-hal seputar Komentar). Karena bagaimanapun blogosfer juga memiliki etika yang kurang lebih sama dengan dunia fisik.

Bayangkan jika anda melihat daftar pengomentar di blog anda dan ketika mengeklik namanya dibawa ke halaman yang kosong atau hanya ada tulisan under construction...!

Karenanya Hal paling penting yang mesti disiapkan tentu saja adalah artikel yang telah dipublikasi. Lebih banyak tulisan yang sudah terpublikasi akan lebih bagus, karena ini akan memberikan alternatif bagi pembaca yang mungkin hanya tertarik dengan satu atau dua tema saja.

Desain halaman sedikit banyak juga akan berpengaruh terhadap kenyamanan para pengunjung. Sesuaikanlah template atau theme blog dengan topik yang anda bicarakan, karena dengan begitu anda membantu tamu anda mengorientasi pikirannya sesuai dengan tema yang anda bicarakan. Bayangkan ketika tamu mulai loading ke halaman anda melihat desain yang ramai dan warna hijau muda yang ceria, namun postingnya berisi protes serius atas keterlambatan rezim SBY-JK menurunkan harga BBM, misalnya.

Langkah lain yang tak kalah pentingnya, perlakukanlah tamu anda dengan baik. Saya yakin pengomentar anda akan lebih senang jika anda memasang widget recent comment yang memajang sejumlah pengomentar terakhir di halaman depan.

Cara lain untuk memerlakukan tamu anda dengan baik adalah dengan menonaktifkan opsi moderasi untuk setiap komentar yang masuk, kecuali jika anda paranoid terhadap komentar orang, seperti alm. Soeharto dan rezimnya dulu. Jangan takut akan kedatangan komentar yang tidak mengenakkan. Blogosfer itu hampir seperti dunia sehari-hari anda, artinya lebih banyak orang yang memerhatikan tatakrama dalam bergaul. Toh anda bisa mengedit setiap komentar yang masuk. Orang akan lebih senang jika dia langsung melihat komentarnya terpampang segera setelah ia menuliskannya.

Dengan melakukan hal-hal di atas saya yakin anda sudah bisa digolongkan sebagai tuan rumah yang baik.

--Terima kasih untuk mengeklik tombol "Share/Save" di bawah, dan memasukkan artikel ini ke situs yang anda suka.--


Share/Save/Bookmark

2 komentar

Netbook Advan Vanbook A1N70T Alnect Komputer mengatakan... @ 20 Juli 2009 pukul 00.35

begitu ya caranya :) baru tahu, setelah baca artikel ini

Blogger Ciputat mengatakan... @ 20 Juli 2009 pukul 09.54

Terima kasih udah mampir, Bos. Sering-sering ya

Posting Komentar