| 1 komentar ]

Saya bukan seorang jagoan teknik Search Engine Optimization (SEO) yang bisa mengerek tinggi-tinggi posisi blog di search engine, bisa masuk dalam indeks search engine lebih cepat saja saya sudah senang sekali. Karenanya saya ingin berbagi pengalaman ketika saya sempat membuat blog yang baru saya buat bisa terindeks di Google dalam satu malam, atau lebih tepatnya beberapa jam.

Teknik yang saya pakai ketika itu adalah teknik umum, yakni memanfaatkan popularitas situs-situs social bookmarking. Kebetulan malam itu situs-situs beberapa situs social bookmark tengah baik hati. Inilah langkah-langkah sederhana yang saya lakukan saat itu:

Pertama saya membuat blog dan mengisinya dengan sekitar empat sampai lima artikel yang telah saya persiapkan sebelumnya. Setelahnya saya desain di sana-sini secukupnya sesuai selera, sambil menambah meta tag, sebagaimana yang disarankan para SEO Master.

Selesai dengan urusan tampilan saya mendaftarkan blog saya di FeedBurner lalu melakukan submit ke tiga search engine terbesar secara manual. Lalu menge-ping-nya ke beberapa situs penjaja jasa ping otomatis ke banyak search engine dan direktori sekaligus. Sampai di sini iseng-iseng saya cek eksistensi blog saya di mesin pencari. Dan tentu saja hasilnya nihil, alias nol besar.

Sesudah itu, daripada tidak ada kerjaan, saya iseng-iseng mendaftarkan blog saya di tiga situs social bookmarking yang pertama kali saya kenal, yakni, Technorati, MyBloglog, dan BlogCatalog. Di sinilah saya mengatakan bahwa malam itu mereka tengah berbaik hati, sehingga verifikasi blog saya cepat sekali mereka terima, yakni hanya beberapa jam setelah pendaftaran.

Lagi-lagi karena tidak ada kerjaan, juga karena menerima email mereka yang mengatakan bahwa blog saya sudah di-approve, saya mengetik site:http://UrlBlogSaya.blogspot.com di search form-nya Google. Hasilnya, muncul enam hasil yang semuanya berasal dari tiga situs social bookmark yang saya sebut di atas.

Namun seperti yang saya bilang di atas, saya bukan jagoan SEO yang mampu memaksa Google menempatkan blog saya di posisi yang bagus, jadi saran ini bukan jaminan blog kawan-kawan semua akan berposisi tinggi di search engine nantinya. Tapi paling tidak ini sudah lumayanlah.

Ada kawan-kawan yang mau berbagi tips lanjutannya agar blog saya masuk halaman pertama Google? ;>



--Terima kasih untuk mengeklik tombol "Share/Save" di bawah, dan memasukkan artikel ini ke situs yang anda suka.--


Share/Save/Bookmark

1 komentar

nyegik mengatakan... @ 29 Juli 2009 pukul 12.40

wakh aku mau coba akh...siapa tau malam ini aku keindex....thanks ya

Posting Komentar